Curug Batu Nyusun, Peundeuy, Garut

Curug Batu Nyusun merupakan salah satu curug yang ada di Kabupaten Garut. Curug ini terletak di Kecamatan Peundeuy, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Saya sendiri sebagai admin blog ini, belum diberi kesempatan untuk mengunjungi curug indah yang satu ini. Tapi Saya yakin, suatu saat nanti, Saya akan mengunjungi curug ini bersama teman-teman WTF Squad Saya.

Curug Batu Nyusun
Curug Batu Nyusun
*Gambar di ambil dari Google/ Instagram, bila Anda merasa memiliki gambar/ foto ini, Saya sebagai admin meminta izin untuk menggunakannya di blog ini, terima kasih.

Caption dari Instagram @garut_turunankidul
Mungkinkah di Garut Selatan ada situs peninggalan purbakala ? Silahkan beropini dan berikan tanggapannya. Hatur nuhun 🙏

Di daerah Garut Selatan sendiri banyak sekali ditemukan bongkahan batu yang bersusun atau bisa disebut dengan (Columnar Joint) seperti yang sudah diketahui seperti di daerah kec. Cisewu, kec. Bungbulng, kec. Cikajang dan di kec. Peundeuy adanya air terjun dengan bebatuan yang tersusun rapi bernama Curug Batu Nyusun atau curug Cisarua.

Konon katanya Batu Nyusun ini menurut cerita dari masyarakat yang ada di desa Pangrumasan, masih ada kaitannya dengan cerita legenda Sangkuriang saat akan menikahi calon istrinya yaitu ibunya sendiri, Dayang Sumbi.

Columnar joint sendiri adalah struktur geologi dimana terdiri dari kolom-kolom (umumnya ditemukan dalam bentuk hexagonal). Terpisah oleh patahan atau retakan pada batuan yang terbentuk ketika batuan tersebut mengalami pengkertutan oleh hilangnya suhu secara gradasional, terjadi selama proses pendinginan .
.
🌐 Desa Pangrumasan, Kec. Peundeuy, Garut Selatan.
Photo from @juhana_juh hatur nuhun 🙏

#GarutTurunanKidul
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Batu Nyusun, Peundeuy, Garut"

Post a Comment