Curug Ciarileu, Cihurip, Garut

Curug Ciarileu merupakan salah satu curug yang ada di Kabupaten Garut. Curug ini terletak di Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Saya sendiri sebagai admin blog ini, belum diberi kesempatan untuk mengunjungi curug indah yang satu ini. Tapi Saya yakin, suatu saat nanti, Saya akan mengunjungi curug ini bersama teman-teman WTF Squad Saya.

Curug Ciarileu
Curug Ciarileu
*Gambar di ambil dari Google/ Instagram, bila Anda merasa memiliki gambar/ foto ini, Saya sebagai admin meminta izin untuk menggunakannya di blog ini, terima kasih.

Caption dari Instagram @garut_turunankidul
Perjalanan menuju Gunung Gelap dari arah pameungpeuk saat itu cuaca lagi cerah, akan tetapi sebelum memasuki daerah Gunung Gelap sudah nampak perbedaannya. Meskipun saat itu waktu menunjukan siang hari dan warna langit berwana biru terang. Gunung gelap sudah tertutup kabut tebal, tidak jauh berbeda seperti di adegan di film-film yang akan memasuki hutan terlarang hehe.

Sempat kebingungan mencari jalan memasuki hutan karena banyak pilihan mengitu aliran air (berharap menjumpai sumber mata air kolam alami). Dan beruntung bertemu kang Iman yang bersedia menemani menjelajah hutan gunung gelap. Kang iman mempunyai info bahwa di tengah hutan ada curug yang berukuran besar, bernama Curug Ciarileu.

Katanya 30 menit jalan kaki menembus hutan (ingat kalau warga lokal bilang seperti itu, dikali 2/3 x lipat ya) .

Tracking dimulai dengan mengikuti aliran air dengan memanjatnya. Hutan gunung gelap adalah tipe hutan tropis basah, harus ekstra hati-hati dengan bebatuan berlumut yang licin dan juga harus teliti memilih tinjakan dan pegangan karena banyak batang-batang pohon yang berduri.

Di perjalanan, kita banyak menjumpai Curug kecil dan juga kolam alami yang air yang benar-benar bening nan jernih. Membuat perjalanan terhenti beberapa saat hanya untuk menikmatinya dengan ngobrol-ngobrol.

Akan tetapi, di tengah-tengah perjalanan dengan susah payah untuk mencapai surga tersembunyi di Gunung Gelap. Ada momen yang membuat mindul menghentikan perjalanan, yaitu illegal logging. Banyak pohon tumbang ditengah hutan dan sepertinya baru

Itu juga alasan kang iman bersedia menemi mindul menjelajah gunung gelap, dia berharap dengan diperkenalkannya potensi kekayaan dari Gunung Gelap. Bisa menghentikan illegal loging. Faktor seringnya gunung gelap sering longsor ketika musim hujan ialah illegal loging.

Bisa-bisa akses jalan menuju pameungpeuk ini terputus suatu hari nanti.

Gunung Gelap, Di luar hutan terlihat gagah dan menyeramkan dengan pohon-pohonnya yang berukuran besar.

Foto ini hanya anak curug yang ada di bawah curug Ciarileu.

#GarutTurunanKidul
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Ciarileu, Cihurip, Garut"

Post a Comment