Curug Mala, Cisewu, Garut

Curug Mala merupakan salah satu curug yang ada di Kabupaten Garut. Curug ini terletak di Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Saya sendiri sebagai admin blog ini, belum diberi kesempatan untuk mengunjungi curug indah yang satu ini. Tapi Saya yakin, suatu saat nanti, Saya akan mengunjungi curug ini bersama teman-teman WTF Squad Saya.

Curug Mala
Curug Mala

*Gambar di ambil dari Google/ Instagram, bila Anda merasa memiliki gambar/ foto ini, Saya sebagai admin meminta izin untuk menggunakannya di blog ini, terima kasih.

Caption dari Instagram @garut_turunankidul
Untuk curug ini berlokasi di kec. Cisewu.
Cisewu, Air Seribu atau Curug Seribu. Mungkin julukan itu bisa saja disematakan kepada salah nama kecamatan yang ada di daerah Garut Selatan, kab. Garut yaitu Cisewu. Dikarenakan banyak curug disana apa lagi kalau musim hujan seperti sekarang.

Salah satu curugnya yang bernama Curug Mala.

Mala dapat diartikan dalam bahasa sunda ialah berbelok, curug ini mengaliri sungai bernama Cikawung dan mempunyai 2 cerita yaitu tentang nini Uci (seorang nenek-nenek penyihir/dukun santet yang konon dulu rumahnya berada tidak jauh dari lokasi curug) dan tentang persilngkuhan atau dalam bahasa sunda Nyandung.

Mungkin, karena itu banyak yang menyebut curug/air terjunnya ini dengan sebutan Curug Cikawung, Curug Uci, Curug Nyandung.

Cisewu dapat diartikan air seribu atau seribu kapiler. Yang orientasinya yaitu dapat memberikan kehidupan atau kesejahteraan bagi ribuan orang di sekitarnya. Cisewu berasal dari dua kata “Ci” dan “Sewu” . “Ci” (bahasa Sunda) yang berarti air, sedangkan kata “Sewu” (bahasa Jawa) berarti seribu.

#GarutTurunanKidul
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Mala, Cisewu, Garut"

Post a Comment