Curug Ngebul, Cisompet, Garut

Curug Ngebul merupakan salah satu curug yang ada di Kabupaten Garut. Curug ini terletak di Kecamatan Cisompet, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Saya sendiri sebagai admin blog ini, belum diberi kesempatan untuk mengunjungi curug indah yang satu ini. Tapi Saya yakin, suatu saat nanti, Saya akan mengunjungi curug ini bersama teman-teman WTF Squad Saya.

Curug Ngebul
Curug Ngebul
*Gambar di ambil dari Google/ Instagram, bila Anda merasa memiliki gambar/ foto ini, Saya sebagai admin meminta izin untuk menggunakannya di blog ini, terima kasih.

Caption dari Instagram @garut_turunankidul
Beberapa tahun ke belakang di Garut Selatan pernah diramaikan dengan tambang emas di Cihideng, Gunung Gelap. Semua orang berbondong bondong menggali, mencari bongkahan emas berharap bisa merubah nasib di perkampungan. Tapi yang terjadi sekarang malah mengakibatkan tanah menjadi labil longsor.

Begitu pun dengan curug ini yang bernama Curug Ngebul. Karena letaknya tidak terlalu jauh dari Gunung Gelap lebih tepatnya di Kec. Cisompet Desa Neglasari, mungkin warga merasakan atmosfer dari mencari emas dan terbawa dengan suasananya.

Menurut penuturan warga sekitar dulu curug ini sangat besar, airnya deras mangkanya dinamakan ngebul juga
dan kolamnnya sangat dalam, tidak ada pasir seperti di foto ini. Tapi, sekarang kondisinya sudah tertimbun pasir akibat longsor. Dulu di curug Ngebul pernah ada kegiatan tambang emas/perak. Tapi, kegiatan itu sudah lama ditinggalkan.

Masyarakat sekitar seperti "menutupi" curug ngebul dan sungkan mengunjunginya padahal lokasinya tidak terlalu jauh dari pemukiman. Info soal keberadaan curug ngebul juga diketahui ketika mindul dan Marsel sedangkan memarkirkan kendaraan motor di rumah warga dan menanyakan potensi alam apa saja yang ada.

Semoga potensi kekayaan alam ini bisa terjaga dengan sedikit sosialisasi tentang bahayanya tambang dan buang sampah sembarangan.

Semoga curug ini kedepannya bisa bermanfaat untuk masyarakat dan tetap terjaga untuk menjadi jembatan ekonomi masyarakat setempat.

Hatur nuhun, terutama Kang irpan yang sudah menerima dengan baik dan mengantarkan mindul ke curug Ngebul, Kang diat juga dan ade ade yang lucu-lucu dengan tingkah lakunya yaitu Herdiansyah, Ardian, Desta, Alfin, Marse, Ujang 🙏

#GarutTurunanKidul
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Ngebul, Cisompet, Garut"

Post a Comment