Curug Cisarua, Cilawu, Garut

Curug Cisarua - Dulu, istilah curug atau air terjun itu tidak ada di dalam kamus hidup Saya. Hingga akhirnya pada suatu hari, tepatnya hari Minggu, 31 Juli 2016, Saya diajak oleh teman Saya yang bernama Agung untuk pergi ke sebuah curug yang bernama Curug Cisarua. Curug Cisarua ini terletak di Kampung Patrol, Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Seperti biasa, sebelum berangkat, Kita berkumpul dulu disalah satu rumah teman Saya yang kebetulan untuk kesempatan kali ini Kita berkumpul di rumah Ridwan. Nah, pas berkumpul itu, berkali-kali si Agung meyakinkan Kita semua bahwa curug yang akan Kita tuju itu tidak akan mengecewakan.

Curug Cisarua
Curug Cisarua
Alkisah, berangkatlah Kita dari Cimaragas menuju ke Cilawu (jalan ke arah Tasikmalaya). Waktu itu Kita berangkat sembilan orang (Saya, Agung, Iinx, Ridwan, Rizal, Rian, Cepi, Rahmat, dan Dulur Rahmat) dengan menggunakan sepeda motor. Pas sampai di Bojong Loa (patokannya pas ada SD), Kita belok kanan masuk ke gapura. Setelah itu Kita ikuti terus jalan tersebut. Menurut Saya jalannya lumayan bagus namun, Kalian harus tetap berhati-hati karena banyak tanjakan dan turunan yang lumayan terjal, curam, dan licin (waktu itu saja teman Saya si Agung hampir terjatuh karena licin).

Oke, setelah Kita melakukan perjalanan sekitar empat puluh menit, tibalah Kita disebuah tikungan (pokoknya mentok setelah tanjakan). Disitu terdapat sebuah warung dan ya sudahlah, Kita parkirkan/ titipkan motor Kita di belakang warung tersebut. Ngomong-ngomong, teman Saya si Agung dan ibu sang pemilik warung tersebut sudah kenal lumayan akrab karena si Agung itu sudah sering mengunjungi Curug Cisarua ini. Memang sih Kita parkirnya gratis, tapi ya ngerti lah, Kita juga mesti jajan di warung tersebut.

Nah, setelah itu Kita memulai sebuah perjalanan baru. Kita berjalan kaki melalui jalan setapak untuk menuju ke curug tersebut. Kita akan melewati perkebunan warga dan kemudian Kita akan memasuki semak belukar. Nah, ditengah perjalanan Kita juga menjumpai sebuah curug kecil yang Saya sendiri tidak tahu apa nama curug tersebut. Setelah perjalanan yang lumayan melelahkan, mungkin sekitar 3Km, Kita akhirnya sampai ditempat tujuan.

Setelah Curug Cisarua sudah nampak didepan mata Saya, Saya benar-benar terkesima dan Saya bingung mau melakukan apa karena ini merupakan pengalaman pertama Saya main ke curug. Waktu itu curug nya masih benar-benar asri, Kita menuju ke airnya saja harus melewati semak belukar basah yang tingginya melebihi tinggi Kita. Pokoknya lumayan menyeramkan dan sangat berbeda dengan yang kondisi curug yang sekarang, dimana sudah tidak ada lagi semak belukar yang tinggi karena sudah dibersihkan oleh warga setempat.

Pas Kita sudah berada di bawah curug tersebut, beberapa teman Saya ada yang berenang berbasah-basahan ria dan ada juga yang sekedar berfoto termasuk Saya sendiri yang tak henti-hentinya berselfi ria. Oh iya, untuk curug nya sendiri, mungkin memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Airnya lumayan deras dan menempel di tebing (jadi jatuhnya air curug tersebut sambil menyusuri tebing). Dibawahnya terdapat banyak bebatuan yang licin, pokoknya hati-hati deh. Oh iya, disana juga banyak spot untuk berenang atau main basah-basahan yang menurut Saya pribadi lumayan aman. Airnya sendiri, kayak air es, pokoknya dingin banget tapi sangat menyegarkan kalau Kita kesana saat cuaca sangat panas.

Setelah Kita sudah puas bermain basah-basahan, Kita tidak dulu pulang melainkan makan dulu disekitaran batu besar yang jaraknya lumayan jauh dari curug tersebut. Waktu itu juga Kita tidak membuang sampah sembarangan karena memang tempatnya bersih banget. Kita gak tega meski hanya untuk membuang tutup botol sekalipun. Setelah Kita selesai makan, Kita putuskan untuk pulang. Ditengah perjalanan pulang, Saya terus memikirkan tentang curug tersebut sampai rasanya bergejolak hati ini hingga memunculkan sebuah pertanyaan dipikiran Saya, "Apakah Saya jatuh cinta terhadap curug?" hahaha, lebay banget. Pokoknya setelah bermain di Curug Cisarua ini, Saya jadi suka bermain ke curug. Pas sampai dirumah, Saya mulai googling curug-curug yang ada di Garut dan Saya berencana untuk mengunjungi semua curug yang ada di Garut meskipun itu mustahil.

Oke mungkin hanya itu saja pengalaman pertama Saya bermain ke Curug Cisarua. Untuk Kalian yang belum pernah atau masih baru-baru main ke curug, Saya sangat merekomendasikan Kalian untuk mengunjungi Curug Cisarua ini karena memang cocok dikunjungi oleh pemula (dari rute berkendara hingga jalan kakinya cocok dijadikan pelajaran untuk mengunjungi curug-curug lain yang kebanyakan medan perjalanannya sangat sulit untuk dilalui).

Piknik WTF Squad Episode 1
Curug Cisarua, Cilawu, Garut
Minggu, 31 Desember 2016
Skuad: Gustian, Agung, Solihin, Ridwan, Rizal, Rian, Cepi, Rahmat, dan Dulur Rahmat
Nilai: 9/10
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Cisarua, Cilawu, Garut"

Post a Comment