Curug Cihanyawar, Cilawu, Garut

Curug CihanyawarSatu minggu setelah Saya mengunjungi Curug Orok, Saya pergi ke sebuah curug yang bernama Curug Cihanyawar. Curug Cihanyawar sendiri terletak di Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Untuk rute menuju curugnya, kurang lebih sama dengan rute menuju ke Curug Cisarua (untuk artikel lengkap tentang Curug Cisarua, Kalian dapat membacanya disini). Pokoknya dari Garut Kota itu, kalian pergi ke arah Tasikmalaya.

Curug Cihanyawar
Curug Cihanyawar
Pas sampai di Bojong Loa (pas ada SD), Kalian belok ke arah kanan. Setelah masuk, Kalian berjalan saja lurus, tidak lama kemudian Kalian akan menemukan sebuah plang bertuliskan arah ke Curug Cihanyawar. Disana Kita akan memasuki jalan kecil yang hanya cukup untuk satu sepeda motor melewati perkampungan warga dan persawahan hingga akhirnya Kita sampai disebuah warung. Sebenarnya Kita dapat terus menggunakan sepeda motor, namun untuk keamanan pengendara, lebih baik Kita titipkan saja motor Kita diwarung tadi.

Jangan lupa juga, meskipun Kita parkir gratis, alangkah baiknya bila Kita jajan di warung tersebut. Setelah itu Kita melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Oh iya, waktu itu Saya dan teman-teman Saya datang ke curug ini terlalu siang (sekitar pukul 13.00 WIB). Selain itu, banyak sekali teman-teman Saya yang ikut dalam perjalanan ini (Saya, Solihin, Ridwan, Rifi, Khalida, Ima, Tommy, Dita, Risma, dan Adik Khalida)

Menurut Saya, perjalanan menuju curug nya sendiri tidak terlalu jauh dan sulit untuk dilalui. Cuma satu hal yang pada waktu itu mengganjal di dalam hati Saya yaitu cuaca yang sudah mulai mendung dan siap untuk menurunkan air hujan. Nah, setelah Kita berjalan kurang lebih 20 menit, sampailah Kita di Curug Cihanyawar. Entahlah, kalau gak salah, seingat Saya pada waktu itu Kita masuk tidak disuruh untuk membayar tiket masuk terlebih dahulu, tapi pas Saya kesana untuk kedua kalinya, Saya disuruh untuk membayar tiket masuk.

Oh iya, curugnya sendiri tidak terlalu besar, mungkin seukuran lah dengan Curug Ngebul di Karacak Valley, namun debit air di Curug Cihanyawar ini cukup deras dan dibawahnya terdapat kolam sehingga Kita dapat berenang disana. Disekitar curug juga terdapat saung-saung atau mungkin gazebo yang tersusun rapi dan nyaman untuk ditempati (waktu itu banyak sekali remaja dan juga pemuda-pemudi yang sedang berpacaran sambil mojok-mojok gitu deh, sayang gak Saya rekam).

Namun sayang, kurang lebih 10 menit setelah Kita semua sampai disana, ternyata hujan turun dengan sangat deras sehingga air curug pun berubah seperti air bah. Waktu itu Kita yang tidak bisa berbuat apa-apa hanya bisa duduk terdiam sambil berteduh dibawah gazebo. Akhirnya, setelah kurang lebih setengah jam kemudian, hujan pun mulai reda dan Kita putuskan untuk berfoto di curug sebelum Kita pulang. Setelah Kita puas berfoto, Kita pulang dengan melewati jalur yang sama dengan jalur yang Kita lewati sebelumnya. Oh iya Saya lupa, sebelum Kita sampai di curug, Kita akan melewati jalan yang dipenuhi dengan pohon pinus yang sangat indah dan cocok untuk dijadikan tempat berfoto yang instagramable banget.

Piknik WTF Squad Episode 5
Curug Cihanyawar, Cilawu, Garut
Minggu, 27 November 2016
Skuad: Gustian, Solihin, Ridwan, Rifi, Rizal, Khalida, Ima, Tommy, Dita, Risma, dan Adik Khalida
Nilai: 7/10
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Cihanyawar, Cilawu, Garut"

Post a Comment