Curug Madi, Ibun, Kabupaten Bandung

Curug MadiAlkisah, setelah beberapa bulan Saya tidak bermain ke curug, akhirnya dengan sekuat tenaga, Saya dapat melobi teman-teman Saya untuk kembali bersama-sama lagi mengunjungi curug-curug yang ada di Garut. Dan curug yang Kita kunjungi dalam kesempatan kali ini adalah Curug Madi yang sebenarnya secara administrasi sudah termasuk ke dalam Kabupaten Bandung, atau tepatnya terletak di Kampung Patrol, Kecamatan Ibun, Kamojang, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Curug Madi
Curug Madi
Nah, selain itu juga, "piknik" kali ini merupakan piknik pertama yang dilakukan oleh Saya dan teman-teman Saya sebagai sebuah grup yang bernama WTF Squad. Jadi sejarahnya itu begini, waktu itu Saya sudah beberapa kali gagal dalam mengajak teman-teman Saya untuk pergi piknik ke curug. Nah, salah satu dari teman Saya mengusulkan agar Saya membuat sebuah grup di BBM, dan grup tersebut Saya beri nama "grup ulin 12 Maret 2017". Tentu saja dengan nama yang aneh tadi, teman-teman Saya tidak setuju sampai-sampai si Agung meminjam handphone Saya dan langsung mengganti nama grup yang aneh tadi menjadi WTF Squad. Nah, WTF itu sendiri adalah singkatan dari Waterfall atau air terjun. Hingga saat ini, nama WTF Squad masih tetap digunakan oleh Kita semua.

Oke, bagi Kalian yang tidak tahu rute menuju ke Curug Madi itu kemana, pokoknya dari arah Garut Kota Kalian pergi saja ke Samarang lalu belok ke kanan menuju ke Kamojang. Kalian terus saja ikuti jalan yang menanjak tersebut sampai kalian sampai di sebuah cagak. Lalu Kalian ambil saja jalan kecil disebelah kiri (kalau kekanan itu menuju ke jembatan "kuning" Kamojang). Jalannya sendiri lumayan kecil dan jelek namun tidak terlalu jauh untuk sampai di tempat parkir. Beberapa saat sebelum sampai tujuan, Kalian akan melewati turunan/ tanjakan yang sangat-sangat terjal.

Rem motor Saya sendiri sampai blong pas Saya melewati jalan tersebut, jadi berhati-hatilah. Setelah turunan/ tanjakan "killer" itu Kalian akan langsung menemukan sebuah warung dan Kalian tinggal memarkirkan motor Kalian di warung tersebut. Di warung tersebut Kalian bilang saja mau ke Curug Madi, pasti pemilik warung tersebut akan menunjukan jalannya. Setelah itu Kalian tinggal berjalan di jalan setapak melewati semak belukar dan lumayan jauh namun trek nya tidak terlalu sulit alias mudah untuk dilalui karena tidak adanya tanjakan/ turunan yang berarti. Setelah itu Kalian akan sampai di Curug Madi.

Curug Madi sendiri fisiknya tidak terlalu tinggi namun debit airnya cukup deras. Jadi airnya itu jatuh melewati bebatuan (jadi beda dengan curug lainnya yang langsung jatuh ke bawah). Kalian bisa memanjat batu atau tebing untuk melihat atas/ atap Curug Madi ini dari dekat. Untuk tempat berenang atau bermain air nya sendiri, Saya rekomendasikan Kalian untuk menuju dasar curug nya dan jangan sekali-kali Kalian naik ke bebatuan di curug tersebut karena batu-batu tersebut sangat licin dan dapat membahayakan diri Kalian sendiri.

Tips dari Saya, alangkah baiknya jika Kalian membawa air minum dan makanan sendiri karena di curug ini tidak ada warung dan bahkan tidak ada rumah warga (setidaknya sepanjang yang Saya lihat). Tapi ingat juga loh, jangan buang sampah sembarangan karena curug ini masih sangat asri dan saat Kalian berada disana, Kalian akan merasa eksluif, kenapa? Entahlah!

Piknik WTF Squad Episode 7
Curug Madi, Ibun, Kabupaten Bandung
Minggu, 12 Maret 2017
Skuad: Gustian, Agung, Solihin, Ridwan, Rizal, dan Ulil
Nilai: 7.5/10
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Madi, Ibun, Kabupaten Bandung"

Post a Comment