Curug Nyogong, Cihurip, Garut

Curug NyogongSatu minggu berselang, setelah Kita mengunjungi Curug Cisarua, akhirnya Kita mengunjungi sebuah curug besar yang letaknya cukup jauh dari Garut Kota, yaitu Curug Nyogong yang terletak di Kampung Sawahpasir, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Dimata Saya, Curug Nyogong ini merupakan salah satu curug favorit bagi orang-orang penyuka curug di Garut. Jadi, mau tidak mau, suka tidak suka, Saya mesti pergi kesana.

Curug Nyogong
Curug Nyogong
Waktu itu Kita berangkat dari Garut Kota, tepatnya dari Maktal pukul 07.30 WIB dan sampai di Kecamatan Cihurip sekitar pukul 09.20 WIB. Untuk rutenya sendiri, dari Garut Kota, Kalian bisa pergi menuju ke Kecamatan Cikajang dan pas Kalian sudah sampai di pertigaan, Kalian ambil jalan ke kiri dan terus saja ikuti jalan yang sangat far far away tersebut sampai Kalian menemukan gapura yang bertuliskan "Kecamatan Cihurip". Oke, sebelum Kalian sampai di Kecamatan Cihurip, Kalian akan melewati tempat wisata Batu Tumpang. Bagi Kalian yang kelelahan, Kalian dapat beristirahat terlebih dahulu disana.

Saat Kalian sudah sampai di Kecamatan Cihurip, Kalian terus saja ikuti jalan tersebut (lumayan jelek, berlubang, dan terdapat banyak tanjakan/ turunan yang lumayan ekstrim). Pas sampai di persimpangan, Kalian belok ke kanan (terdapat tulisan Curug Nyogong) dan Kalian ikuti jalan tersebut sampai mentok. Seingat Saya, jalannya itu sangat jelek dan sangat jauh. Setelah itu Kalian akan sampai disebuah kantor kelurahan (kalau gak salah), dan dibelakang kantor tersebut terdapat tempat parkir bagi para pengunjung curug. Disitu Kalian bisa memarkirkan motor Kalian dan jangan lupa juga untuk membayar tiket masuk.

Setelah itu, Kalian teruskan perjalanan menuju curugnya dengan berjalan kaki. Sebelum melanjutkan perjalanan, alangkah baiknya kalau Kalian tanya terlebih dahulu (secara detail), rute jalan menuju ke curug nya supaya Kalian tidak tersesat seperti Kami. Waktu itu Kami tersesat karena salah jalan sehingga cukup memakan waktu yang banyak untuk sampai ke curug (keburu siang). Sewaktu Kami tersesat, salah satu teman Saya Rifi, hampir terjatuh ke dalam jurang yang dangkal. Tapi untunglah, dengan sigap, teman yang jatuh tadi dapat ditolong oleh Saya....eh maksudnya Kami. Namun pada akhirnya, setelah susah payah dalam kesesatan, mungkin karena insting juga, Kami dapat menemukan curug tersebut.

Curug Nyogong sendiri memiliki tinggi yang lumayan tinggi, mungkin sekitar 50 meter dan memiliki debit air yang sangat deras sehingga sangat berbahaya untuk dipakai berenang disekitaran curug tersebut. Disekitar curug tersebut juga terdapat sebuah tanggul yang mungkin sudah tidak terpakai lagi. Selain itu, Curug Nyogong juga dikelilingi oleh tebing-tebing berwarna hijau yang indah (seperti di Leuwi Tonjong, mungkin karena tempatnya masih disitu-situ juga). Oh iya, waktu Kami berkunjung ke curug tersebut, tidak ada lagi pengunjung lain selain hanya Kita, WTF Squad.

Setelah Kita selesai berfoto dan berenang/ bermain air, Kita tidak dulu pulang melainkan berdiam diri menikmati curug yang mempesona. Waktu ke waktu, ternyata semakin banyak pengunjung lain yang sampai ke curug ini (kebanyakan dari Mereka membawa tour guide masing-masing). Setelah hari mulai sore, barulah Kita pulang.

Piknik WTF Squad Episode 9
Curug Nyogong, Cihurip, Garut
Selasa, 28 Maret 2017
Skuad: Gustian, Agung, Solihin, Rifi, Rizal, dan Ima
Nilai: 9.5/10
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Nyogong, Cihurip, Garut"

Post a Comment