Curug Leuweung Panjang, Pamulihan, Garut

Curug Leuweung Panjang - Sebelum Kalian membaca artikel ini, alangkah baiknya jika Kalian membaca terlebih dahulu artikel yang sebelumnya disini, karena percayalah, sesungguhnya artikel ini hanyalah sequel dari artikel yang sebelumnya (apaan sih? Lebay amat, hahaha). Alkisah, sepulang piknik dari Curug Ciarjuna, Saya putuskan untuk pergi mengunjungi Curug Leuweung Panjang (anak Curug Ciherang) yang terletak di perjalanan pulang dari Curug Ciarjuna (Saya tidak tahu nama tempatnya). Tapi yang pasti, curug ini masih tetap terletak di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Curug Leuweung Panjang
Curug Leuweung Panjang
Awalnya sih, saat Saya masih dalam perjalanan menuju ke Curug Ciarjuna, Saya dan anak buah Saya sudah mengetahui dan melihat bahwa disana terdapat sebuah curug, namun karena tujuan utama Saya adalah Curug Ciarjuna, ya sudahlah, Saya lewatkan saja curug ini dan betekad untuk mengunjunginya sepulang dari Curug Ciarjuna nanti (itu juga kalau tidak kesorean). Alkisah, pada waktu perjalanan pulang dari Curug Ciarjuna, hati Saya benar-benar gundah, apakah bakal keburu kalau Saya pergi mengunjungi Curug Leuweung Panjang ini? Ataukah bakal kesorean? Ataukan anak buah Saya bakalan tidak mau diajak ke curug ini?

Akhirnya semua kegundahan tersebut terjawab sudah saat Saya sampai di Curug Leuweung Panjang ini pukul 14.30 WIB. Tapi, ada tapinya, ternyata eh ternyata, anak buah Saya tidak mau untuk diajak pergi mengunjungi curug ini dan terjadi sebuah perdebatan antara Pak Bos dan anak buahnya. Namun akhirnya, bos tetaplah bos, keinginan Saya akhirnya dapat terealisasikan (btw, si anak buah tadi awalnya mengancam untuk menunggu saja di tempat parkir dan tidak mau ikut ke curugnya, tapi begonya, Dia ikut juga dengan sendirinya). Oh iya, area disekitar curug ini sudah dibersihkan dan tampaknya sudah dijadikan sebagai tempat wisata.

Didekat pintu masuk sekaligus tempat parkir, terdapat beberapa saung tempat tinggal petugas atau penjaga curug ini (waktu itu ada dua orang, dan Mereka berdua sangatlah ramah). Dari saung tersebut Kita hanya perlu berjalan melewati hutan yang sudah dibersihkan sekitar 15 menit. Alkisah, pada akhirnya, Kita pun sampai di Curug Leuweung Panjang ini. Untuk fisiknya sendiri, curug ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dan memiliki debit air yang tidak terlalu besar namun lumayan deras. Selain itu, curug ini juga masih benar-benar asri, bersih, dan dikelilngi oleh hutan yang mungkin Saya sendiri tidak akan berani kalau mengunjungi curug ini tanpa ditemani orang lain.

Saat Saya sedang berada disekitar curug, Saya langsung mendokumentasikan Curug Leuweung Panjang tersebut melalui foto dan video dari berbagai sudut. Setelah semuanya beres, Saya dan anak buah Saya bergegas untuk pulang karena memang sudah niat dari awal, bahwa Kita tidak akan berlama-lama berada disana (takut kesorean dan turun hujan). Setelah Kita berjalan kembali sekitar 15 menit, akhirnya Kita sampai di tempat parkir. Disana Saya sempat mengobrol bersama penjaga curug ini dan sempat bertanya pula Kepada Mereka, nama asli dari curug ini.

Menurut penuturan Mereka, curug yang Saya kunjungi tadi itu bernama Curug Ciherang, tapi ada juga sebagian orang yang menyebutnya sebagai Curug Leuweung Panjang karena memang curug ini terletak disebuah hutan yang bernama Leuweung Panjang. Tapi kalau Saya pribadi, lebih percaya bahwa nama official dari curug ini adalah Curug Leuweung Panjang, kenapa? soalnya kalau disebut sebagai Curug Ciherang, ternyata eh ternyata, curug ini hanyalah anaknya doang, karena Curug Ciherang yang sebenarnya itu (bapaknya curug ini), memiliki fisik yang sangat besar dan konon katanya sama dengan besarnya Curug Sanghyang Taraje. Hhmm....menarik, mungkin suatu hari nanti Saya akan mengunjunginya.

Piknik WTF Squad Episode 21
Curug Leuweung Panjang, Pamulihan, Garut
Sabtu, 28 Oktober 2017
Skuad: Gustian dan Rizal
Nilai: 8/10
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Leuweung Panjang, Pamulihan, Garut"

Post a Comment