Curug Aden, Cilawu, Garut

Curug Aden - Sepulang dari Curug Cihanyawar, Saya dan kedua teman Saya (Ridwan dan Ari) memutuskan untuk langsung pergi menuju ke Curug Aden. Curug Aden itu terletak di Kampung Patrol, Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Bagi Kalian yang ingin pergi ke curug ini, dari arah Kecamatan Garut Kota, Kalian pergi menuju ke arah Kabupaten Tasikmalaya. Setelah Kalian sampai di Desa Bojong Loa (patokannya ada sebuah SD), Kalian belok ke kanan. Setelah itu ikuti jalan tersebut (kurang lebih 5 km) dengan kondisi jalan yang bagus (hanya ada beberapa titik jalan yang rusak).

Curug Aden
Curug Aden
Diperjalanan, Kalian akan disuguhi pemandangan yang indah. Disana juga Kalian akan melewati sebuah tanjakan atau turunan yang lumayan curam dan sangat panjang, jadi berhati-hatilah. Setelah sampai di sebuah belokan atau tikungan (mentok setelah tanjakan), Kalian akan mendapati sebuah pos ronda yang bertuliskan parkir kendaraan wisata Curug Cisarua. Nah, aslinya disitu memang ada sebuah tempat parkir resmi bagi pengunjung yang ingin pergi mengunjungi Curug Cisarua tersebut, tetapi sudah sedari dulu, Saya dan teman-teman dari WTF Squad selalu memarkirkan kendaraan Kita disebuah warung yang ada disana (gratis). Setelah parkir, Kita pun lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Disepanjang perjalanan Kita akan melewati sebuah perkebunan dan peternakan warga sekitar hingga melewati jalan setapak ditemani semak belukar. Nah, pas Kalian mendapati sebuah cagak, pilihlah jalan yang ke kanan, karena kalau yang ke kiri itu merupakan menuju ke Curug Cisarua. Setelah Kita pilih jalan yang kanan, Kita akan melewati sebuah jalan setapak menurun yang terdapat semak belukar tinggi dan rimbun, jadi Kalian harus hati-hati, takut ada ular atau something like that. Oh iya, dulu waktu pertama kali Saya dan teman-teman Saya mengunjungi Curug Cisarua, Kita semua nyasar ke jalan menuju Curug Aden, alhasil Kita pun memanjat tanah yang dirimbuni semak belukar untuk menuju ke jalan setapak Curug Cisarua. Tapi itu dulu, sekarang mah enggak.

Oke, setelah kurang lebih 20 menit Kita melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, Kita pun sampai di Curug Aden. Dari fisiknya sendiri, Curug Aden ini memiliki tinggi sekitar 10 meter namun memiliki debit air yang deras, jadi bagi Kalian yang ingin berenang disana, berhati-hatilah. Alam disekitarnya juga masih sangat asri karena memang masih jarang ada orang yang main kesini meskipun curugnya itu sendiri terletak diperjalanan menuju ke Curug Cisarua. Kalau Saya sendiri, jujur, saat sedang berada di Curug Aden ini, Saya merasakan aura yang seram-seram gimanaaa gitu. Apalagi setelah Saya tahu bahwa curug ini dinamai Curug Aden karena dulunya ada seorang warga yang bernama Aden, meninggal dunia disekitar setelah terjatuh saat memanjat curug ini.

Itu katanya loh, karena menurut pengalaman Saya, setiap curug itu tidak ada yang mempunyai sejarah yang hakiki. Maksud Saya, sebuah curug selalu mempunyai sejarah dan mitos yang berbeda-beda, tergantung orang yang menceritakannya. Alkisah, karena Kita tidak mempunyai banyak waktu lagi, ditambah, Kita masih menyisakan satu curug lagi (Curug Cisarua) dalam piknik kali ini, apalagi cuaca pun sudah mulai mendung, Alhasil, Kita pun bergegas untuk segera meninggalkan curug tersebut (tentunya setelah Kita beres mendokumentasikan Curug Aden ini). Btw, setelah itu Kita pun caw menuju ke Curug Cisarua melewati jalan yang sudah Kita lewati tadi (berjalan kembali kebelakang, ke jalan cagak yang Kita temui sebelumnya).

Piknik WTF Squad Episode 26
Curug Aden, Cilawu, Garut
Sabtu, 25 November 2017
Skuad: Gustian, Ridwan, dan Ari
Nilai: 7.5/10
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Aden, Cilawu, Garut"

Post a Comment