Curug Cisarua, Cilawu, Garut

Curug Cisarua - Alkisah, perjalanan pun Kita lanjutkan (Lah? Artikelnya baru dimulai kok langsung "Kita Lanjutkan" sih?) hahahahaha. Btw, artikel ini merupakan sekuel ketiga dari rangkaian 3 artikel atau 3 tiga curug yang Saya kunjungi dalam waktu sehari. Jadi bagi Kalian yang belum membaca artikel yang sebelumnya, Saya sarankan untuk membacanya disini dan juga disini. Oke lanjut, sepulang dari Curug Aden, Saya dan dua teman Saya (Ridwan dan Ari) langsung pergi menuju ke Curug Cisarua. Bagi Saya pribadi, ini merupakan ketiga kalinya Saya piknik ke Curug Cisarua, jadi istilahnya, Saya sudah paham betul perjalanan menuju ke Curug Cisarua ini.

Curug Cisarua
Curug Cisarua
Untuk sekedar informasi, Curug Cisarua ini terletak di Kampung Patrol, Desa Sukamurni, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Untuk rutenya sendiri, dari Kecamatan Garut Kota, Kalian pergi ke arah Kabupaten Tasikmalaya, lalu pas sampai di Kecamatan Cilawu, atau tepatnya di Desa Bojong Loa kalian belok ke kanan (disitu ada sebuah SD dan ada pangkalan ojek). Setelah itu Kalian ikuti saja terus jalan tersebut (kurang lebih 10 km) hingga Kalian sampai disebuah belokan (jalan mentok setelah tanjakan). Disitu ada sebuah pos ronda yang bertuliskan arah dari tempat parkir wisata Curug Cisarua. Setelah Kalian memarkirkan kendaraan, perjalanan pun dapat dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 2 km.

Disana Kalian akan melewati perkebunan warga hingga jalan setapak melewati hutan (namun sekarang jalannya sudah bagus mengingat curug ini akan segera diresmikan sebagai sebuah tempat wisata). Setelah berjalan selama kurang lebih 20 sampai 30 menit, akhirnya Kita pun sampai di Curug Cisarua. Dari fisiknya sendiri, Curug Cisarua ini memiliki tinggi sekitar 50 meter dan memiliki debit air yang cukup deras melewati dinding bebatuan (jadi airnya tidak langsung jatuh kebawah). Dibawah curug juga terdapat beberapa spot (kolam) yang asyik untuk dipakai berenang. Nah, kebetulan saat Saya sedang berada disana, airnya sedang sangat besar alias sedang mengamuk (entahlah mungkin karena pada hari yang sebelumnya turun hujan lebat).

Sehingga spot favorit Saya (sebuah batu) untuk duduk disekitar Curug Cisarua ini dipenuhi oleh air alias basah meskipun cuaca sedang cerah (saking besarnya air pada waktu itu, padahal biasanya, spot favorit Saya itu kering). Btw, selain airnya yang sedang besar, tampaknya area disekitar Curug Cisarua ini juga sudah lama tidak terurus. Entahlah, tapi dari yang Saya lihat, rumput-rumput disana sudah sangat tinggi, berbeda dengan saat terakhir kali Saya pergi kesana, dimana pada waktu itu, area disekitar curug tersebut benar-benar rapih dan terurus. Entahlah, mungkin karena sedang musim hujan, sehingga para pengelola pun malas untuk mengurusnya.

Atau mungkin para pengelola curug ini menunggu musim kemarau datang agar lebih leluasa untuk menata kembali area Curug Cisarua ini. Oh iya, bagi Kalian yang belum tahu, area disekitar curug ini juga terdapat beberapa saung atau gazebo untuk beristirahat dan ada juga sebuah mushola untuk menunaikan ibadah sholat. Disana juga terdapat banyak spot bagus untuk berkemah atau kemping. Alkisah, karena cuacanya tiba-tiba mendung, Kita bertiga pun langsung bergegas untuk meninggalkan Curug Cisarua ini. Hahaha, akhirnya untuk pertama kali dalam sejarah hidup Saya. Saya pergi ke 3 curug sekaligus dalam waktu satu hari.

Piknik WTF Squad Episode 27
Curug Cisarua, Cilawu, Garut
Sabtu, 25 November 2017
Skuad: Gustian, Ridwan, dan Ari
Nilai: 9/10
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Cisarua, Cilawu, Garut"

Post a Comment