Curug Sanghyang Taraje, Pamulihan, Garut

Curug Sanghyang Taraje - Alkisah, setelah pulang dari Curug Utang, daripada Saya dan teman Saya langsung pulang ke rumah, Kita putuskan untuk pergi mengunjungi curug paling fenomenal di Kabupaten Garut, yaitu Curug Seribu Umat, Curug Sanghyang Taraje. Untuk Saya sendiri, ini merupakan kedua kalinya Saya mengunjungi curug raksasa ini. Btw, Curug Sanghyang Taraje ini terletak di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Untuk akses menuju Curug Sanghyang Taraje ini, jika dari Garut Kota, Kalian pergi menuju ke Cikajang, lalu pas di pertigaan Cikajang, berbeloklah ke kanan, habis itu Kalian lurus saja, dan setelah sampai di gapura Kecamatan Pamulihan, Kalian masuk kesana.

Curug Sanghyang Taraje
Curug Sanghyang Taraje
Ikuti terus jalan tersebut hingga Kalian sampai di gapura yang bertuliskan Desa Pakenjeng, lalu terus pacu kendaraan Kalian hingga menemukan gapura yang lainnya. Setelah masuk ke gapura yang kedua, Kalian terus saja ikuti jalan tersebut hingga melewati sekurang-kurangnya tiga tanjakan atau tutunan yang sangat terjal. Btw, turunan yang pertama itu sangat curam, namun jalannya lurus dan beraspal. Untuk turunan yang kedua, tidak securam yang pertama namun sangat panjang dan jalannya berkelok-kelok (plus memiliki kondisi aspal yang jelek), lalu yang ketiga, turunannya lumayan terjal namun lurus dan pendek. Nah setelah Kita melewati ketiga turunan tersebut, sampailah Kita di tempat parkir Curug Sanghyang Taraje.

Setelah Kita memarkirkan kendaraan Kita, Kita diharuskan untuk membeli tiket masuk seharga  lima ribu rupiah. And then, masuklah Kita ke area Curug Sanghyang Taraje. Disana Kita harus berjalan kaki melalui jalan yang sudah ditembok kurang lebih 5 menit. Btw, dari kejauhan, saat Kita masih berjalan menyusuri anak tangga, Kita sudah bisa melihat keindahan dari Curug Sanghyang Taraje ini. Nah, area yang terdapat disekitar curug ini itu sangat luas dan dipenuhi oleh rumput-rumput yang tampak indah bila dilihat dari kejauhan. Disana juga terdapat beberapa gazebo atau saung untuk berteduh, lalu terdapat juga sebuah ayunan dan wc atau kamar mandi.

Oh iya, sedikit cerita tentang diri Saya sesaat setelah sampai di curug ini, tiba-tiba seseorang menghampiri Saya dan berkata "ini Aa Gustian ya?" lalu Saya jawab, "iya, tapi ini dengan siapa ya?", lalu Dia jawab "Ini Saya ****, Saya mengikuti Anda di Instagram" lalu Saya bengong sambil berkata dalam hati "Saya punya fans?" wkwkwkwk (gak penting banget diceritain). Okelah skip lagi. Curug Sanghyang Taraje ini memiliki fisik yang sangat tinggi yaitu 96 meter dan debit airnya sangat-sangat deras. Konon katanya, dasar curug tersebut memiliki kedalaman sekitar 100 meter! Dan konon katanya juga, di curug ini terdapat banyak belut raksasa yang hanya menampakkan diri Kepada beberapa orang yang terpilih saja (orang yang omongannya gak bisa dijaga).

Alkisah, ketika Saya sedang asyik mengabadikan curug ini, tiba-tiba hujan pun turun dengan sangat lebat. Alhasil, Saya dan pengunjung lain yang kebetulan sangat banyak, berteduh di saung-saung tadi. Dan apesnya, ternyata hujan tersebut turun selama 3 jam! Waktu itu, akhirnya Saya dapat melihat Curug Sanghyang Taraje ini mengamuk dan merubah warna dirinya sendiri menjadi coklat, wkwkwkwkwk (biasanya Saya cuma liat foto Curug Sanghyang Taraje saat hujan di Instagram). Setelah hujan reda, akhirnya Saya dan para pengunjung lain sibuk berfoto dan berselfi ria.

Oh iya, ternyata pengunjung lain yang jumlahnya sangat banyak tadi itu adalah satu rombongan. Dan ternyata Mereka adalah rombongan dari Potret Garut. Yap, Mereka semua berfoto bersama dan difotoin langsung oleh adminnya sendiri (namanya kalau gak salah, Fikri). Btw, si Aa Admin ini sama beberapa pengunjung lainnya tersebut, ternyata pernah ngasih like ke foto di Instagram Saya (Saya jamin akan hal itu). Alkisah, setelah Kita beres mengabadikan Curug Sanghyang Taraje ini, Kita pulang kerumah.

Piknik WTF Squad Episode 23
Curug Sanghyang Taraje, Pamulihan, Garut
Minggu, 21 November 2017
Skuad: Gustian dan Ridwan
Nilai: 10/10
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Sanghyang Taraje, Pamulihan, Garut"

Post a Comment