Curug Gandasari, Sukawening, Garut

Curug Gandasari - Assalamualaikum wr.wb. Salam sejahtera bagi Kita semua. Hahahaha....openingnya resmi banget ya? Oke, dikesempatan Kali ini Saya akan menceritakan tentang petualangan Saya saat pergi piknik ke Curug Gandasari. Curug Gandasari ini terletak di Desa Mekarluyu, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. Pada waktu itu, tepatnya hari Sabtu, 16 Desember 2017, Saya dan dua teman Saya, Ridwan dan Ari, pergi menuju ke Kecamatan Sukawening dengan menggunakan sepeda motor pada pukul 08.00 WIB.

Curug Gandasari
Curug Gandasari
Untuk rutenya, Saya berangkat dari Kecamatan Garut Kota menuju ke Kecamatan Sukawening melewati Bunderan Suci, Karangpawitan, Wanaraja dan pas berada di pertigaan, Kita jalan saja lurus (tidak belok ke kanan). Lalu pas Kita sudah berada di Kecamatan Sukawening, atau tepatnya di pasar Sukawening, Kita belok ke kanan. Disitu terus saja jalan lurus hingga menemukan sebuah plang bertuliskan Desa Mekarluyu, lalu belok ke kanan dan jalan saja lurus dan jangan lupa bertanya kepada warga sekitar jalan menuju ke Lembah Cibeet.

Btw, jalan yang Kita lewati awalnya sangat bagus tapi lama-kelamaan mulai jelek. Ada beberapa titik dimana jalannya berupa bebatuan dan ada juga jalan tanah yang sangat licin dan juga sempit plus menanjak. Jadi berhati-hatilah Kalian jika melewati jalan ini apalagi di musim hujan. Tak berapa lama kemudian, Kita akan segera menemukan sebuah plang bertuliskan arah jalan ke Curug Gandasari, nah disitu Kalian parkirkan motor Kalian disana karena kalau Kalian tetap memaksakan untuk membawa motor Kalian, Kalian akan sangat kesusahan. Jadi, ingatlah pesan dari Saya. Oh iya satu lagi, jangan lupa bawa gembok, karena takut aja, soalnya disana tidak ada yang menjaga.

Setelah itu Kita lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati semak belukar hingga akhirnya Kita sampai ditempat registrasi. Nah, kebetulan sekali, ketika Saya dan teman-teman Saya sampai disana, ternyata tidak ada satupun orang yang berada disana, alhasil Saya dan teman-teman Saya lanjutkan kembali perjalanan menuju ke Curug Gandasari. Btw, disekitar tempat registrasi ini terdapat sebuah kolam besar yang ada air mancurnya, selain itu, disana juga ada mushola, wc, warung, gazebo dsb. Namun tampaknya semua itu belum dipakai secara maksimal. Jarak antara tempat registrasi dengan Curug Gandasari itu sekitar 1 kilometer melewati jalan setapak yang naik turun.

Setelah berjalan sekitar 20 menit, akhirnya Saya dan teman-teman Saya sampai juga di Curug Gandasari. Dari fisiknya sendiri, Curug Gandasari ini memiliki tinggi sekitar 10 meter dan memiliki debit air yang lumayan deras (karena mungkin sedang musim hujan). Disekitar curug ini juga dikerubuni oleh pepohonan yang sangat rimbun, sehingga kalau andaikata main sendirian, dipastikan Saya tidak akan berani. Entahlah, kalau boleh jujur, aura disana sangat tidak enak, sama seperti saat Saya berada di Curug Utang, Pamulihan. Disekitar curug juga minim cahaya matahari karena memang benar-benar ditutupi oleh pepohonan. Btw, setelah Kita selesai mendokumentasikan curug tersebut, Kita langsung caw. Padahal disitu ada curug satu lagi yang bernama Curug Sagobog, tapi Kita melewatkannya (Saya simpan untuk nanti).

Piknik WTF Squad Episode 29
Curug Gandasari, Sukawening, Garut
Sabtu, 16 Desember 2017
Skuad: Gustian, Ridwan, dan Ari
Nilai: 7/10
Follow Instagram WTF Squad: @curugdigarut

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Curug Gandasari, Sukawening, Garut"

Post a Comment